PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEBAHAGIAAN (HAPPINESS) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Eva Khanifa,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kebahagiaan (happiness) secara parsial maupun simultan terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung yang berjumlah 459 peserta didik dengan sampel penelitian berjumlah 214 peserta didik yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Skala psikologi ini diujicobakan kepada 190 peserta didik. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan koefisien korelasi aitem total terkoreksi. Reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar dan kebahagiaan (happiness) secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kreativitas peserta didik

Kata kunci: lingkungan belajar, kebahagiaan (happiness), kreativitas peserta didik

 

Abstract

This study aims at determining the effect of learning environtments and happiness partially or simultaneously to the student creativity.The population in this research is all fifth grade students in Kaloran district, Temanggung regency with the total 459 students with the sample totaled 214 students were taken randomly using slovin formula. Data were collected by using scala psycology. This instrument was test to 190 students. The validity using validity conten with expert judgement technique, while validity of item using coefficient correlation of total aitem corrected. Reliability using cronbach’s alpha formula. The analysis techniques that that had been used are the normality test, the linearity test, and multicolinearity test. Data analysis used partial effect and multiple regression analysis technique. The results shows that the learning environtments and happiness partially or simultaneously has a significant effect on student creativity.

Keywords: learning environtments, happiness, student creativity.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.