PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TPS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan think pair and share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi IPS kelas V di SD Negeri Berbah 2. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan nonequivalent control group design.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif pada kondisi akhir kelas eksperimen sebesar 85,17 sedangkan kelas kontrol 75,48. Hasil uji t-test pada posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen yaitu sig 0,003 lebih kecil dari 0,05 sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh positif antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan think pair and share terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi IPS kelas V di SD Negeri berbah 2.
Kata kunci: model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran think pair and share (TPS), hasil belajar kognitif
Abstract
The result shows that there is a difference in average score for cognitive learning between experiment class (85,17) and control class (75,48).The result of gain score in control and experiment group is 0,506> 0,213 that’s stated experimental group with jigsaw type cooperative learning model has a change of higher cognitive learning outcomes compared to control group using cooperative model of TPS in fifth grade social studies at SD Negeri Berbah 2.
Keywords: jigsaw learning method, think pair and share (TPS) learning method, cognitive learning result
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.