PENGARUH MODELGROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI IPA

Aisyah Aisyah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi muatan IPA pada siswa kelas V SD segugus III Kecamatan Godean. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Control Group Pretest and Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi muatan IPA. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hasil uji Paired Sample T Test kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05). Selanjutnya, hasil uji Independent Sample T Test pada posttest menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,032 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,032<0,05), sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation dengan model pembelajaran yang biasa digunakan guru. Hal tersebut ditunjukkan dengan mean posttest kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (72,29>65,02) dengan selisih 7,27.

Kata kunci: group investigation, kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA

 

Abstract

This research aims at knowing the effect of using group investigation learning model for science high order thinking in V grade elementary school students of III cluster region of Godean. This research used quasy experiment method with Control Group Pretest and Posttest Design. Data aggregation techniques were test, observation, and documentation. Data analysis technique was t-test. The results of this research show that group investigation learning model effects science high order thinking. It is indicated by Paired Sample T Test result for experiment and control group show significance value 0,000 less than significance level 0,05 (0,000<0,05). Then, Independent Sample T Test result for posttests show significance value 0,032 less then significance level 0,05 (0,032<0,05). It is concluded that there is a different effect between group investigation learning model and learning model used by teacher as usual. It is shown with mean posttest of experiment group is greater than control group (72,29>65,02) with quarrel 7,27.

Key words: Group investigation, science high order thinking


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.