PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING
Abstract
Abstrak
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Wonosari 4 tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, kemudian data tes dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode mind mapping dalam materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi, dapat meningkatkan pemahaman siswa. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan adalah 63,5 dengan persentase kelulusan siswa sebesar 40%. Kemudian pada siklus I setelah diberikan tindakan dengan metode mind mapping terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 69 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 70%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 75,25 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 80%.
Kata kunci: pemahaman konsep, metode mind mapping.
Abstract
This research aim at enhancing conceptual understanding on technology development of production, communication and transportation through mind mapping learning method at fourth grade students of SD negeri Wonosari 4. It was a kind of classroom action research, which use Kemmis & McTaggart research model. Researcher use 2 cycles. The subject were 20 students. Data collection technique used test and observation, afterward data analyzed with quantitative description technique. Research result show that mind mapping method application in concept of technology development of production, communication, and transportation can enhancing students conceptual understanding. Preaction test result show students average score are 63,5 and graduation percentage at 40%. Test result on cycle I phase show student average score are 69 and graduation percentage at 70%. Another enhancement show on cylcle II phase test result, student average score are 75,25 and graduation percentage at 80%.
Keywords: conceptual understanding, mind mapping
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.