PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPS

Diah Yunitasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah sistematis pengembangan video animasi pada pembelajaran IPS kelas V A SDN Terbansari I Yogyakarta dan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan kualitas video animasi pada pembelajaran IPS kelas V A SDN Terbansari I Yogyakarta. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data angket menunjukkan bahwa skor akhir validasi materi yaitu 4,67 dengan kategori “sangat baik”, skor akhir validasi media yaitu 4,05 dengan kategori “baik”, skor akhir penilaian guru yaitu 4,91 dengan kategori “sangat baik”, dan skor akhir penilaian siswa yaitu 4,46 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, video animasi layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS dalam kurikulum 2013 di kelas V A SDN Terbansari I Yogyakarta.

Kata kunci: video animasi, IPS, kurikulum 2013

 

Abstract

This research and development aims at describing the systematic steps of animation video development in social studies learning of class V A SDN Terbansari I Yogyakarta and to describe the validity and quality of animation video in social studies learning of class V A SDN Terbansari I Yogyakarta. This research and development used the ADDIE’s model. Data were collected by observation, interview, documentation, and questionnaire. The data were analyzed by qualitative and quantitative descriptive technique. The findings of questionnaire data analysis indicated that final score of subject validation is 4,67 with “very good” category, final score of media validation is 4,05 with “good” category, final score of teacher valuation is 4,91 with “very good” category, and final score of students valuation is 4,46 with “very good” category. Therefore, this animation video is appropriate to be used as a social studies learning media of 2013 curriculum in the class V A SDN Terbansari I Yogyakarta.

Keywords: animation video, social studies, 2013 curriculum


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.