UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Soronalan 1, Sawangan, Magelang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan metode Active Learning.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis&Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Soronalan 1, Sawangan, Magelang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Soronalan 1 yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian dengan menerapkan metode Active Learning dengan tipe Quiz Team yang memfokuskan pada keterlibatan siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Soronalan 1. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan metode Active Learning nilai rata-rata meningkat dari 40,64 menjadi 79 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 18% menjadi 77%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 88 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 77% menjadi 95%.
Kata kunci: active learning, hasil belajar matematika.
Abstract
This reseach aims at improving the fifth-grade student’s mathematics achievement applying Active Learning method in SDN Soronalan 1, Sawangan, Magelang school year 2017/2018.This classroom action research used Kemmis and McTaggart model. This research was conducted in Soronalan 1 elementary school, Sawangan, Magelang. The subjects of this study were the fifth-grade students of SDN Soronalan 1 which was consisted of 11 male students and 11 female students. The data gathering techniques used in this research were tests and observations. The research instruments were in form of tests and observation sheets. The research data were analyzed using descriptive qualitative and descriptive quantitative method.The result of research by applying Active Learning with Quiz Team type which focus on student involvement can improve student’s learning mathematics achievement in SDN Soronalan 1. Based on the test of cycle I, after using Active Learning method, the average score increase from 40,64 to 79 with the learning mastery which also increase from 18% to 77%. In cycle II, with the improvement of handicaps find in the cycle I, the average score were 88 with the learning mastery which also increase from 77% to 95%.
Keywords: active learning, mathematics learning achievement.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.