PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI PILAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Aditya Yoga Ardika,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada tema  “Lingkungan Sahabatku” siswa kelas V SD Negeri Pilahan, Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mengacu model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pilahan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran tema “Lingkungan Sahabatku” dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri Pilahan. Hasil tes keterampilan berpikir kreatif siswa pada pra siklus mempunyai persentase skor 37,32% dengan jumlah siswa yang mencapai skor kriteria tinggi 0 siswa meningkat pada siklus I menjadi 67,68% dengan jumlah siswa yang mencapai skor kriteria tinggi 15 siswa. persentase skor pada siklus II adalah 83,63% dengan jumlah siswa yang mencapai skor kriteria tinggi mencapai 19 siswa.

Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, model pembelajaran discovery learning.

 

Abstract

This research aims to improve creative thinking skill students in topic “lingkungan sahabatku” of fifth grade students SD Negeri Pilahan, Yogyakarta by using discovery learning model for the academic year 2017/2018. This research was a classroom action research which refered to spiral model from Kemmis and Mc. Taggart. The subjects of this research were 21 students of fifth grade students SD Negeri Pilahan, Yogyakarta. The data was collected by observation and test. Technique of the data analysis were quantitative descriptive data analysis and qualitative descriptive data analysis. The result of this research shows that discovery learning model can improve creative thinking skill students in “lingkungan sahabatku” topic. The percentage value of creative thinking skill students in pre cycle was 37,32% increased at cycle I became 67,68. The percentage value of creative thinking skill students in cycle II was 83,63% with the number of students who achieved a high score was 90,47% (19 students).

Keywords: creative thinking skill, discovery learning model.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.