PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia untuk kelas V yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengdaptasi model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap Develop karena keterbatasan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bogem 1 Kalasan Sleman dengan subjek penelitian siswa kelas 5. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif yang dihasilkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Bogem 1 Kalasan Sleman. Kelayakan multimedia interaktif ini dapat dilihat dari: 1) hasil akhir validasi ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,4, 2) hasil akhir validasi ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,33, 3) hasil uji coba produk yang dilakukan oleh oleh siswa sebanyak tiga tahap, tahap pertama yaitu uji coba perorangan dengan skor rata-rata 4,46 yang termasuk kategori “Sangat Baik”, tahap kedua yaitu uji coba kelompok kecil dengan skor rata-rata 4,45 yang termasuk kategori “Sangat Baik”, tahap ketiga yaitu uji coba lapangan dengan skor rata-rata 4,78 yang termasuk kategori “Sangat Baik”.
Kata Kunci: multimedia interaktif, IPS, siswa kelas 5.
Abstract
The aims of this development research is to produce interactive multimedia products as a medium of learning Social Science on the material of Hindu, Buddhist, and Islamic kingdom in Indonesia for the fifth grade students which is suitable for learning. This research is a research development (R & D) that adapted 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate) developed by Thiagarajan. In this research is limited to develop section because of the limitations of researcher. This research was conducted at SD Negeri Bogem 1 Kalasan Sleman with the subjects of the research were the fifth grade students. The types of data were quantitative and qualitative. Data were acquired from the observation, interviews, documentation, and questionnaires. The results of this research showed that the interactive multimedia products produced are declared eligible to use in learning IPS for the fifth grade students of SD Negeri Bogem 1 Kalasan Sleman. The feasibility of this interactive multimedia can be seen from: 1) the final results of validation of the material experts included in the "Excellent" category with an average score of 4.4, 2) the final results of media expert validation included in the "Excellent" category with average score 4.33, 3) result of product trials conducted by the students as much as three stages, the first stage was an individual testing with an average score of 4.46 which belongs to the category of "Very Good", the second stage was a small group trial with score average of 4.45 which belongs to the category of "Very Good", the third stage was a field trial with an average score of 4.78 which belongs to the category of "Very Good".
Keywords: interactive multimedia, IPS, grade 5 students.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.