PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE CIRCLE TIME

Tuti Septi Rahayu,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III A menggunakan metode Circle Time di SD Negeri Karanggondang Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas III A SD Negeri Karanggondang Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisi data menggunakan analisis deskriptif kualitatif  dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Circle Time dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa berdasarkan indikator keterampilan bercerita. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pencapaian  siswa yang mencapai indikator keterampilan bercerita dan kriteria keberhasilan penelitian. Nilai rata-rata siswa dalam bercerita yaitu dari evaluasi observasi awal sebesar 67,8 menjadi 73,76325 pada siklus I dan meningkat menjadi 84,80025 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode Circle Time dalam pembelajaran bercerita dapat meningkatkan keterampilan bercerita.

Kata kunci: keterampilan bercerita, metode Circle Time, kelas III SD

 

Abstract

This research aim at improving the storytelling skills of students in class III A in SD Negeri Karanggondnag Bantul. This type of research was a classroom action research that refers to the Kemmis and Mc Taggart model. The subjects of this research were 20 students of class III-A SD Negeri Karanggondnag Bantul. Data collection techniques used observations and performance test. Data analysis techniques used qualitative and quantitative descriptive. The results show there is an improvement in storytelling skill by applying Circle Time method. The increase can be seen from the percentage of students who reach the criteria of research success. The average value of students in the story that is from the early observation of 67.8 to 73.76325 in the first cycle and increase to 84,80025 on the second cycle. The conclusion of this research is the application of Circle Time method in learning storytelling can improve students' storytelling skills.  

Keywords: storytelling skills, Circle Time method, class III SD

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.