PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK MEMBACA SCANNING SISWA KELAS IVA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan teknik scanning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca pemahaman dengan teknik scanning mengalami peningkatan. Dari hasil tes pra tindakan sebanyak 44,1% siswa yang mencapai ketuntasan, meningkat pada tes pasca tindakan siklus I menjadi 67,64%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,41%. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman tersebut disebabkan oleh pembelajaran membaca dengan teknik scanning.
Kata kunci: Keterampilan membaca pemahaman, teknik scanning
Abstract
This research aims at improving reading comprehension skill through scanning technique. This research was classified as classroom action research (CAR) which keeps up on Kemmis and McTaggart’s model. The subjects of this research were the 4th grade of students in SD 1 Kadipiro which are 34 students in total, consist of 21 males and 13 females. In carrying this research, it uses test, field notes, and documentation in collecting the data. Then data are analyzed by using qualitative and quantitative method. The result of this research shows that through scanning technique can increasing reading comprehension it proven by the percentages of students who have passed the criteria from 44,1% in pre-test, 67,64% in 1𝑠𝑡cycle and become 79,41 in 2𝑛𝑑cycle. The improvement caused by appliying scanning technique on reading skill.
Keywords: Reading comprehension skill, scanning technique
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.