HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA

An Nisa Latifah Fathoni,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan minat belajar siswa kelas IV se-Gugus 26 Kecamatan Wedi Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV se-Gugus 26 Kecamatan Wedi Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 152 siswa dan diambil sampel sebanyak 112 siswa yang ditentukan dengan rumus Krejcie and Morgan. Pengambilan sampel menggunakan simple random sample. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Validitas instrumen yang digunakan yaitu validitas isi. Reliabilitas istrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi product moment. Uji prasyarat analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara lingkungan belajar dengan minat belajar siswa kelas IV se-Gugus 26 Kecamatan Wedi Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat terlihat dari analisis korelasi product moment antara lingkungan belajar dengan minat belajar diperoleh r hitung 0,450.

 

Kata kunci: lingkungan belajar, minat belajar

 

Abstract

This research aims at knowing correlation between learning environment with interest in learning of 4th graders students 26 group Wedi district academic year 2017/2018. This research uses quantitative approach with ex-post facto method. The population in this research were 4th graders which amounted to 152 students and taken a sample of 112 students determined by Krejcie and Morgan formula. Sampling technique used simple random sample. The research instrument used questionnaire. The validity test of the instrument used validity contruct. Instrument reliability was known by Alpha Cronbach. To examine the hypothesis were correlate product moment. The prerequisite analysis tests were normality test and linearity test. The results show that positive correlation between learning environment and interest in learning of 4th graders students 26 group Wedi district academic year 2017/2018. It can be seen from the analysis of product moment correlation between the learning environment with interest of learning in obtained r count 0,450.

Keywords: learning environment, interest in learning


 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.