PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas II SDN Gadingan dan SDN Punukan.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design bentuk nonequivalent controlgroup design.Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan uji t. Penelitian menunjukkan hasil perhitungan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu 14,45 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 11, 33. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,029>2,014) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,046<0,05) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Jarimatika terhadap hasil belajar perkalian pada siswa kelas II SDN Gadingan dan SDN Punukan.
Kata kunci: metode jarimatika, hasil belajar perkalian
Abstract
This study aims to find out the influence of Jarimatika Methode to multiplication learning outcomes for second grade students of SDN Gadingan and SDN Punukan. The type of this research was experimental research. This reseach using quasi experimental design with nonequivalent control group design.Technique of collecting data were test and observation to collecting data. Data were analyzed by using descriptive statistics and t test. Research show that from the calculation of the average increase of pretest and posttest value experiment group is 14.45 higher than the control group is 11, 33. Based on the result of t test show thatt value is bigger than t table (2,029>2,014) and signifance value less than significant value to 0,05 at level 5% (0,046<0,05). Based on the t test result show significant influence on Jarimatika Methode on mulplication learning outcomes of second grade students of SDN Gadingan and SDN Punukan.
Keywords: Jarimatika Methode, multiplication output learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.