PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TUNGGAL PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI BANGUNJIWO

Ismi Julia Pertiwi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatkan keterampilan menulis permulaan dan mengetahui hasil peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan media gambar tunggal pada siswa kelas IIA SD Negeri Bangunjiwo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA SD Negeri Bangunjiwo yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pedoman observasi dan lembar penilaian tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan media gambar tunggal pada siswa kelas IIA SD Negeri Bangunjiwo. Pembelajaran dengan cara menggunakan satu gambar yang dicetak ukuran A4. Kegiatan diawali dengan siswa mengamati gambar yang ditempel di papan tulis dan melakukan tanya jawab tentang isi gambar yang diamati. Setelah itu siswa menuliskan beberapa kalimat yang sesuai dengan gambar yang diamati. Kegiatan diakhiri dengan siswa membacakan hasil tulisannya di depan kelas. Peningkatan keterampilan menulis dapat dilihat dari rata-rata nilai keterampilan menulis permulaan siswa pada prasiklus sebesar 67,25 menjadi 72,74 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 5,49 dan pada siklus II rata-rata nilai keterampilan menulis permulaan siswa sebesar 80,85 atau mengalami peningkatan sebesar 8,11.

Kata kunci: keterampilan menulis permulaan, media gambar tunggal


Abstract

This research aims at discovering the early writing skill improvement process and to discover improvement of the early writing skill as result of using single picture media on grade 2A of Bangunjiwo Elementary School. The research used classroom action research method by Kemmis and Mc Taggart. The subjects of this research were second A grade students of Bangunjiwo Elementary School, 27 students in total. The data collection techniques used in this research were observation, test, and documentation. The research instruments used in this research were observation guide sheets and writing skill assessment rubric. The data analysis techniques were descriptive qualitative and descriptive quantitative. The result of this research shows an improvement in the early writing skill using single picture media of second grade A student of Bangunjiwo Elementary School. The learning were conducted by using an A3 dan A4 sized printed picture. The activity began with students observing dan questioning the A3 sized printed picture presented at the front of the class. After that the students wrote some sentences regarding to the picture observed. The activity ended with students reading their writing’s at the front of the class. The improvement of the early writing skill can be observe from the average score. The average pre-action score is 67,25 and it become 72,74 in the first cycle, those the average improvement is 5,49. After the second cycle the average score is 80,85, those the improvement is 8,11.

Keyword: early writing skill, single picture media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.