PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS KONTEKSTUAL RAMAH LINGKUNGAN PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA UNTUK KELAS III SD NEGERI DELEGAN 2
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar kerja siswa (LKS) IPA berbasis kontekstual ramah lingkungan pada materi Bumi dan Alam Semesta yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan 9 langkah pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal yaitu peneliti mendapatkan sebuah gagasan Lembar Kerja Siswa yang perlu dikembangkan. Hasil tahap perencanaan yaitu perumusan kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran. Pengembangan format produk awal menghasilkan kegiatan memproduksi serta memvalidasi produk. Validasi terakhir dari segi materi memperoleh skor rata rata 4,81 dengan kriteria “ sangat baik”. Validasi terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 5 dengan kriteria “sangat baik”. Uji lapangan memperoleh skor rata-rata 4,74 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, LKS IPA berbasis kontekstual ramah lingkungan untuk kelas III sekoah dasar dapat dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar.
Kata kunci: LKS, IPA, kontekstual, ramah lingkungan, Bumi dan Alam Semesta
Abstract
This research aims at producing a science student worksheet based on contextual eco-friendly in the topic of the earth and universe for 3th grade of SD Negeri Delegan 2 is proper to use in learning process. This research was Research and Development (R&D) that referenced from Borg & Gall’s model, which 9 steps. Data collection techniques used was questionnaire, interview and observation. Data analysis technique used was descriptive quantitative statistic. Research product at research and information collecting phase was researcher got a worksheet idea that it needed to develop. The product in planning phase was to formulated standard competent, indicator, and learning purposes. Developing preliminary form of product created an producing and validating the product. Final validation from material side got average score 4.81 with criteria “very good”. Final validation from media side got average score 5 with criteria “very good”. Operational field testing got averages score 4.74 with criteria “very good”. Overall the science student worksheet based on contextual eco friendly on the topic of the earth and universe for 3th grade of elementary school is proper for learning material and support learning process in 3th grade of elementary school.
Keywords: science, student worksheet, contextual, eco-friendly, the earth and universe.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.