PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA DAUR AIR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD

Septi Kiswandari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diorama daur air, mengetahui kelayakan media pembelajaran diorama daur air, dan mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi daur air. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model 4D. Media diorama daur air dihasilkan dengan melalui tahapan Define, Design, dan Develop. Hasil uji kelayakan media pembelajaran diorama daur air memperoleh skor akhir 3,88 dengan kategori baik menurut ahli media, skor akhir 4,21 dengan kategori sangat baik menurut ahli materi, dan skor akhir 4,69 dengan kategori sangat baik menurut penilaian praktisi, serta skor 4,17 dengan kategori sangat baik pada uji coba terbatas dan skor 4,32 dengan kategori sangan baik pada uji coba lapangan. Pemahaman siswa terhadap materi berdasarkan aspek kognitif memperoleh rata-rata 76,7.

Kata kunci: media pembelajaran, diorama, daur air.

Abstract

This research aim to produced diorama water cycle, check its advisability, and find out student’s level of understanding of water cycle material. This research type research and development study appliying 4D. Diorama water cycle produced through a phase Define, Design, and Develop. The result of advisability of diorama water cycle learning media gained final score 3,88 as a  good category according to media exxpert, 4,21 as an excellent category according tomaterial’s expert, 4,69 as an excellent category according to practitioners rating, 4,17 as an excellent category on limited experiment, and 4,32 as an excellent category on field expwriment. The students understanding of the material based on cognitive aspect gained average score 76,7.

Keywords: learning media, diorama, water cycle


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.