Hubungan antara Reinforcement dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Segugus II Nanggulan Kulon Progo
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat reinforcement dan motivasi belajar matematika serta hubungan antara keduanya di kelas V SD segugus II Nanggulan, Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Metode penelitian ini adalah ex post facto. Hasil penelitian
menunjukkan sebagai berikut: (1) tingkat reinforcement sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 66,20 %, (2) tingkat motivasi belajar sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 63,38 %, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara reinforcement dengan motivasi belajar (0,000 < 0,05, pada taraf signifikansi 5%).
Kata kunci: reinforcement, motivasi belajar matematika
Abstrack
The research aims to know the level of reinforcement and motivation in studying mathematics and relationship both of them in 5 th grade students in elementary schools group 2 Nanggulan, Kulon Progo in the academic year 2015/2016. It was a correlation research. The research method was ex post facto. The result showed that (1) reinforcement level was on the midlevel category, with the percentage 66,20%, (2) motivation level was on the midlevel category, with the percentage 63,38%, (3) there was a positive and
significant correlation between reinforcement and motivation (0,000<0,05, in the significance level 5%).
Keyword : reinforcement, motivation in mathematics
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.