PENINGKATAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV-A MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Lintang Tunjung Sekar Jati,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas IV-A menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SD Kalidadap tahun ajaran 2017/2018. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV-A yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah rata-rata percaya diri siswa kelas IV-A minimal mencapai persentase sebesar 75% yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Kegiatan pembelajaran
menggunakan model numbered heads together dilakukan dengan menerapkan langkah persiapan, pembentukan kelompok, tiap kelompok harus memiliki buku paket ataupun buku panduan, diskusi masalah, memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban, dan pemberian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri
siswa kelas IV-A SD Kalidadap dapat ditingkatkan melalui model numbered heads together. Peningkatan percaya diri dapat dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,81% dari siklus I sebesar 56,68% meningkat di siklus II menjadi 80,49%. Sedangkan hasil angket menunjukkan adanya
peningkatan sebesar 11,1% dari siklus I sebesar 71,55% meningkat di siklus II menjadi 82,65%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model numbered heads together pada kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas IV-A di SD Kalidadap.

Kata kunci: percaya diri, model numbered heads together


Abstract

This research aims to improve the self-confidence of class IV-A students used Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model in Kalidadap elementary school in the academic year of 2017/2018. The type of this research was classroom action research with 20 students from class IV-A. This research used Kemmis and MC Taggart’s model in two cycles. Observation, questionnaire, and interview were used to collect the data. Qualitative and quantitative description used for the data analysis technique. The success of this research was the average self-confidence of students in IV-A reached minimum of 75%, which is categorized as very high. Learning activities which was used a Numbered Heads Together model was done by implementing preparation steps,
grouping, use of textbooks and guidebooks, case discussion, calling out student numbers or giving answers, and providing conclusion. The result of this research shows that the self-confidence of students from Class IV-A in Kalidadap Elementary School could be improve through the Numbered Heads Together (NHT) model. The increase of self-confidence could be seen from the result of observation and questionnaire. The result of the observation is that there was a 23,81% increase from cycle I, from 56,68% it increased in cycle II to 80,49%. While the questionnaire result showed an increase 11,1% from cycle I of 71,55% increased in cycle II to 82,65%. Therefore, it could be concluded that the implementation of a Numbered Heads Together model in learning
activities could increase the self-confidence of Class IV-A students in Kalidadap Elementary School.

Keywords: self-confidence, numbered heads together


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.