PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA

Saifudin Noorrohman,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran guided discovery dan mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Dukuh 2 tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dukuh 2, Sleman yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA. Rata-rata keaktifan siswa secara keseluruhan pada pra siklus sebesar 33,75% (kategori sangat kurang), selanjutnya dengan penerapan model guided discovery pada siklus I meningkat menjadi 74,43% (kategori baik). Setelah dilakukan perbaikan oleh guru keaktifan siswa meningkat menjadi 89,10% (kategori sangat baik) pada siklus II.

Kata kunci: keaktifan, guided discovery.

 

Abstract

The purpose of the research was to describe the process of applying guided discovery learning model and to know the improvement of student learning activity  in science studies for fourth grade students in Dukuh 2 Elementary School for the academic year 2017/2018. The kind of research was classroom action research. The research used Kemmis and Taggart design. The subject of the research were 31 of fourth grade students in Dukuh 2 Elementary School, Sleman. The research consisted of two cycles. Each cycle consisted stages include: (1) planning, (2) acting and observing, (3) reflecting. The techniques of data submittion were by using observation and interview. The techniques of data analysis were quantitative descriptive and qualitative descriptive. The results of this research shows that guided discovery learning model can improve activities learning of science. The average of student activities in pre cycle was 33,75% (very less), then with the implementation of guided discovery learning model in cycle I increases to 74,43% (good category). After conducting reflection by teachers activities can increases student activities to 89,10% (very good category) in cycle II.

Keywords: Students activities, guided discovery.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.