PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY SISWA KELAS IV SD N GADINGAN WATES

Dwi Putri Lestari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading Thinking Activity pada siswa kelas IV SD N Gadingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD N Gadingan. Peningkatan proses ditunjukkan dengan siswa yang menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, serta siswa aktif dalam berdiskusi mengenai isi teks bacaan. Siswa juga menjadi lebih fokus dan bersungguh-sungguh dalam membaca. Nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa dari pratindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 7,48, yang sebelumnya 61,58 menjadi 69,06, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 9,76 menjadi 78,82. Nilai rata-rata siswa pada siklus II jika dibandingkan dengan pratindakan meningkat sebesar 17,24, yang sebelumnya 61,58 menjadi 78,82.

Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, directed reading thinking activity

 

Abstract

This study aims to improve the learning process and skills of reading comprehension through Directed Reading Thinking Activity strategy at 4th grade in SD N Gadingan. This research was a collaborative classroom action research. The results of the study showed that the use of Directed Reading Thinking Activity strategy can improve student reading comprehension skills. Process improvement showed that the students become more enthusiastic in participating the instruction, students were active in discussions about the content of the text. Students became more focused and serious when reading the text. The average value of reading comprehension skills from pretest and cycle I increased by 7,48 from 61,58 to 69,06, and in the cycle II increased by 9,76, from 69,06 to 78,82. The average value of the cycle II when compared to pretest was increased by 17,24, from 61,58 to 78,82.

Keywords: reading comprehension skills, directed reading thinking activity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.