PENGARUH KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS IV SD/MI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi siswa; pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa; dan pengaruh konsep diri dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus V Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 148 siswa dan diambil sampel sebanyak 108 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan proportional sample. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data konsep diri, efikasi diri, dan motivasi berprestasi yaitu skala psikologi berupa skala Likert yang berjumlah 76 item. Instrumen ini diujicobakan pada 32 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan korelasi product moment Pearson. Reliabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi parsial, uji korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa dengan sumbangan sebesar 33,26%; efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa dengan sumbangan sebesar 25,73%; konsep diri dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa dengan sumbangan sebesar 59%.
Kata kunci: konsep diri, efikasi diri, motivasi berprestasi
Abstract
This research aims to determined the influence of self-concept to student’s achievement motivation; the influence of self-efficacy to student’s achievement motivation; and the influence of self-concept and self-efficacy to student’s achievement. This research used quantitative approach with ex-post facto method. The population in this research was 5th graders of elementary school in cluster V, Wates District, Kulon Progo regency which amounted to 148 students and taken a sample of 108 students determined by Slovin formula. Sampling technique used proportional sample. The research instrument used to collect data of self-concept, self efficacy, and achievement motivation was psychology scale with 76 items. The instrument tested on 32 students. The validity test of the instrument used expert judgment techniques, while to determine the strength of items used product moment Pearson correlation. Instrument reliability was known by Alpha Cronbach. The prerequisite analysis tests were normality test, linearity test, and multicollinearity test. Data analysis techniques used partial correlation test, multiple correlation test, and multiple regression analysis. The results shown that: self concept has a significant effect on student’s achievement motivation with contribution 33.26%; self efficacy has a significant effect on student achievement motivation with contribution 25,73%; self concept and self efficacy together have a significant effect on student’s achievement motivation with contribution of 59%.
Keywords: self-concept, self-efficacy, achievement motivation
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.