PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap rasa ingin tahu siswa kelas III SD se-gugus IV kecamatan Godean kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 123 dengan sampel berjumlah 94 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan mengelola kelas berpengaruh signifikan terhadap rasa ingin tahu siswa. Ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan pengaruh sebesar 17%. Hasil koefisien regresi bernilai positif yang menyatakan bahwa semakin tinggi nilai keterampilan mengelola kelas maka semakin tinggi pula nilai rasa ingin tahu siswa.
Kata kunci: keterampilan mengelola kelas, rasa ingin tahu siswa
Abstract
The aim of this research is to know the influence of classroom management skill to the students' curiosity at 3th grade on elementary school in cluster IV Godean district Sleman academic year 2017/2018. The type of the research was quantitative with ex-post facto method. The population in this research was the third grade students of Elementary School, amounted to 123 with a sample of 94 students taken at random used the Slovin formula. The data collection techniques used psycology scale. Instrument validity test used content validity. Instrument reliability used Alpha Cronbach formula. The test of prerequisite analysis were done on test normality and test linearity. Data analysis technique used simple regression analysis. The results shows that: classroom management skills have a significant effect on students' curiosity, shows with a significance level of 0,000 < 0,05 with a contribution of 17%. The result of the positive value of regression coefficient which implies that the higher the value of the skill of managing the class, the higher the student's curiosity.
Keywords: classroom management skill, students' curiosity
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.