PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI ORANG TUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS V

Nur Endah Safitri,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas interaksi orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian diri siswa kelas V Sekolah Dasar se-gugus IV Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Teknik pengambilan data menggunakan skala psikologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar se-gugus IV Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, dengan jumlah populasi sebanyak 244 siswa. Sampel peneliltian yang digunakan sebanyak 152 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada: (1) pengaruh intensitas interaksi orang tua terhadap penyesuaian diri menunjukkan hasil adjusted R square sebesar 0,210 dan p 0,000 dan memiliki sumbangan efektif sebesar 12,32%, (2) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian diri menunjukkan hasil adjusted R square sebesar 0,399 dengan p 0,000 dan memiliki sumbangan efektif sebesar 33,58% dan, (3) pengaruh intensitas interaksi orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian diri menunjukkan hasil adjsuted R square sebesar 0,459 dengan p 0,000 sehingga sumbangan efektifnya 45,9%.

Kata kunci : intensitas interaksi orang tua dan interaksi teman sebaya, penyesuaian diri


Abstract

This study aims to identify the effects of parent interaction’s intensity and peer friends to self-adjustment 5th grade students at primary school in cluster IV of Sewon sub-district in Bantul district. This research was categorized as ex post facto. Technique of data collection was psychological scale. The subject of the research was 5𝑡ℎ grade students of primary school in cluster IV of Sewon sub-district, Bantul district. The amount of sample was 152 students out of 244 students in population. The results show that: (1) the effect of parent interaction’s intensity on self-adjustment has effective contribution equal to 12,32% with adjusted R square equal to 0,210 and p 0,000, (2) the effect of peer interaction on self-adjustment has effective contribution equal to 33,58% with adjusted R square result of 0,399 and p 0,000, and (3) the effect of intensity of parent interaction and peer interaction on self-adjustment has effective contribution 45.9% with adjusted R square result of 0.459 with p 0,000.

Keywords: parent interaction’s intensiy, interaction of peer friend, self-adjustment




Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.