PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N MEJING II GAMPING SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mejing II Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Penelitian termasuk Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Mejing II Sleman Tahun Ajaran 2015/2016, yang berjumlah 20 siswa yang tediri atas 9 putra dan 11 putri. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar IPA. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian
ini adalah teknik angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif untuk menggambarkan hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan persentase hasil angket siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mejing II Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil angket siklus I diperoleh nilai rata-rata (Mean) = 72,5 pada kategori sedang pada interval 60,75 <X ≤ 74,25. Dengan demikian motivasi belajar siswa pada siklus I tergolong sedang. Berdasarkan hasil angket siklus II
diperoleh nilai rata-rata (Mean) = 89,15 pada kategori sangat tinggi pada interval 87,75 <X ≤ 108,00. Dengan demikian motivasi belajar siswa pada siklus II tergolong sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siklus I dengan nilai rata-rata 72,5 meningkat menjadi 89,15 pada siklus II dengan persentase peningkatan sebesar 16,65%
Kata Kunci: motivasi belajar, IPA
Abstract
This study aimed at improving learning motivation on natural science of fifth grade students of SDN Mejing II Gamping Sleman in academic year 2015/2016 by using school environment as a learning resource. This research used classroom action research design. The subjects of the research were fifth grade students of SDN Mejing II Gamping Sleman in academic year 2015/2016, consisting of 20 students (9 males and 11 females). The objects of the research was the learning motivation on natural science. The techniques used were questionnaire, observation, field note, and documentation. The data were analyzed using descriptive qualitative method to portray the results of observation and descriptive quantitative method to portray the percentage of the results of the cycles. The results shows that the use of school environment as a learning resource could improve learning motivation on natural science of fifth grade students of SDN Mejing II Gamping Sleman in academic year 2015/2016. Based on the questionnaire in cycle 1 it was found 72.5 as mean in moderate category, in interval 60.75 < X < 74.25. Therefore, the students learning motivation in cycle 1 was moderate. Based on the questionnaire in cycle 2 it was found the mean = 89.15 in very high category in interval 87.75 < X <108.00. Therefore, the students learning motivation in cycle 2 was very high. From this, it could be concluded that the use of school environment as a learning resource could improve the learning motivation in cycle 1 with the mean from 72.5 to 89.15 and in cycle 2 with the percentage of improvement 16,65%.
Key words: learning motivation, natural science
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.