PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN LEMPUYANGAN 1 DANUREJAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan bahwa mdel pembelajaran active learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA baik aspek afektif, Psikomotorik maupun kognitif siswa kelas IV SDN 1 Lempuyangan Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lempuyangan 1 sejumlah 28 siswa. Seting penelitian ini dilakukan di SDN Lempuyangan 1 yang beralamat di JL. Tukangan No.6, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Keabsahan data menggunakan menganalisa hasil belajar dari Siklus 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pada tahap pra tindakan diketahui bahwa presentase presentase ketuntasan siswa meningkat yaitu dari 25% menjadi 50%. Dari 7 siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas. Presentase ketuntasan meingkat dari pra tindakan yang hanya sejumlah 25%, dan pada pertemuan kedua ini mencapai ketuntasan 75%. Nilai rata-rata pra tindakan sejumlah 62,03 kemudian meningkat pada siklus I pertemuan pertama 71,6 dan pada pertemuan kedua mencapai 78,2. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas (PTK) ini berhasil pada siklus I pertemuan kedua.
Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Active Learning, Peningkatan Hasil Belajar, IPA, Active Learning
Abstract
This research aims that the model of active learning can improve learning outcomes of science both affective, psychomotor, and cognitive grade IV student elementary school of 1 Lempuyangan Danurejan Yogyakarta. This study uses a classroom action research type. The subject of this research is the graders of elemnatry school a number 28 students.location of this research in the elementary scholl of 1 Lempuyangan Danurejan Yogyakarta in JL. Tukangan No.6, Tegal Panggung. This technik of the research is observation, test and documentation. By using planing, action, observation and reflektion. By using data analysis for the valydity from cycle. The result showed: pre_action stage is known that the precentage of student mastery increases from 25% to 50%. From the 7 students increases to 14 completed students. The precentage of mastery increased from pre-action to ony 25%, and this second meeting 75% completness. The average pre- action score 62,03 then increased at the first meeting of 71 and at the second meeting reached 78,2. This classroom action research succesfull at the second meeting.
Keywords :Aplication of active learning model, Improvement of learning outcomes, Science, Active Learning.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.