INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER KELAS III

Hermin Susilowati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial siswa slow learner kelas III di SDNJlaban, Sentolo, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Subjek penelitian adalah siswa slow learner kelasIII. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumenter. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, serta perpanjangan pengamatan. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa slow learner: (1)bentuk kerja sama baik dalam membantu teman dan piket, sedangkan dalam mengerjakan tugas kelompok kurang baik, (2)persaingan rendah dalam memperoleh nilai dan seringmencari perhatian guru, (3)bentuk akomodasi baik, yakni tidak mengganggu siswa yang beribadah, tidak memilih-milih teman, dan tidak memaksakan kehendak, (4) bentuk kontravensi: mengabaikan kritik dan ejekan(5) bentuk pertentangan: jarang berkelahi maupun mengejek(6) ikut bergabung dalam kelompok bermain dan hanya aktif bermain dengan siswa kelas rendah dan perempuan, (7) berkomunikasi dengan orang lain dengan menyatakan gagasannya serta menanggapi ketika diajak berbicara.

Kata kunci: interaksi sosial, siswa slow learner

 

Abstract

This researchaims at describing the social interaction in slow learner of the third grade in SDN Jlaban. This research was a qualitative descriptive approach. The subject of this study was a slow learner of the third grade. The data collection techniques used observation, interviews,and study documentary. The validity of data usedtechnique and sourcetriangulation. The data analysis techniques used data reduction, display, and drawing the conclution. The results shows that social interaction in slow learners are as follows: (1) cooperation:he’s good in help and picket,he’s bad at do group’s task, (2)competition: low competition in gaining score;and show competition in gaining teacher’s attention; (3)accommodation:he don’t disturb when others pray or push anyone to do something; (4)contravention:ignore critic or mock; (5)opposition form: rarely fight or mock others,(6)He only activein playing with lower grade& girl student, (7) communicate by tell his idea and give respond when someone ask.

Keywords: social interaction, slow learner student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.