UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS V
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan metode quantum writing pada siswa kelas V SD N 1 Prambanan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas kolaboratif, menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data berupa tes menulis karangan narasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V meningkat dengan menggunakan metode quantum writing, Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata pada pra tindakan 68,89 meningkat menjadi 75,68 pada siklus I dan mencapai 80,95 pada siklus II. Persentase siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan keterampilan menulis juga meningkat dari 44,74% pada pra tindakan menjadi 68,42% pada siklus I dan 84,21% pada siklus II.
Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi, metode quantum writing, sekolah dasar
Abstract
This study aims to improve the writing skill on narrative essay using quantum writing method for grade V students at SD N 1 Prambanan. This study is an action research which follows Kemmis and Mc. Taggart model. The data collection techniques used essay writing test, observation, interview, and documentation. The data analysis technique employed quantitative and descriptive qualitative methods. The results of the study indicate the improvement of students’ skill and enthusiasm by using quantum writing method. The students’ mean score in pre-test is 68.89 and increased become 75.68 in the cycle I and increase more become 80.95 in the cycle II. The results of the study also indicates that percentage of students who have passed the writing skill mean score also increase from 44.74% to 68.42% in cycle I and 84.21% in cycle II.
Keywords: narrative essay writing skill, quantum writing method, elementary school
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.