PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG SEDAYU KABUPATEN BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan di SD Negeri Panggang Sedayu Kabupaten Bantul. Aspek yang diteliti meliputi: 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) penggerakan, dan 4) pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan perpustakaan di SD Negeri Panggang Sedayu adalah sebagai berikut: (a) Perencanaan yang ada meliputi perencanaan bahan pustaka dan perencanaan layanan yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama dengan para guru. (b) Pengorganisasian tidak berjalan sesuai dengan struktur organisasi yang ada, karena adanya perpustakaan di setiap kelas sehingga semua guru berperan dalam pengelolaan perpustakaan. (c) Penggerakan, kepala sekolah sebagai koordinator memberikan pengarahan dan motivasi sehingga selalu ada komunikasi diantara semua pihak. (d) Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah berjalan setiap saat dan dilaksanakan juga oleh sesama guru. 2) Hambatan yang dihadapi adalah tidak adanya petugas khusus di perpustakaan, gedung perpustakaan yang dipakai untuk kelas, dan anggaran yang terbatas.
Kata kunci: pengelolaan, perpustakaan, kepala sekolah, dan guru
Abstract
This study is aims to describe the library management in SD Negeri Panggang Sedayu Bantul District. The library management which is disccused in this study included 1) planning, 2) organizing, 3) directing, and 4) controlling. This study used qualitative descriptive approach. The subjects of this study were headmaster and teachers. The data collection technique used observation, interviews, and documentation. Data analysis technique used data reduction, data display, and drew the conclusion. In test the validity of the data, researcher used triangulation technique and triangulation source. The result of this studies are indicate that 1) the library management in SD Panggang Sedayu were as follows: (a) the planning of process was was included plan for the books collections library’s service, which were conducted by the headmaster along with the teachers. (b) Organized process didn’t well because there was library in every class (classroom library), so that the teacher had to organize their own classroom library. (c) Actuated proccess ocurred with the command from the headmaster. The headmaster as the coordinator gave instruction and motivation, so the communication between all staff was going well. (d) Controlled of the headmaster runs at all times and implemented by all of the teachers. 2) The obstacles faced are absence of special officer in the library, the library used for the class, and the limited budget.
Keywords: management, library, headmaster, and teachersFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.