PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN NHT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Subyek penelitian adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis untuk menguji hipotesis adalah ANOVA dan Contrast Tests dengan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, NHT dan model pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan NHT.
Kata Kunci: model pembelajaran TAI, model pembelajaran NHT, Hasil Belajar
Abstract
This research aims to find they differences of results in learning social sciences using cooperative learning model with Team Assisted Individualization (TAI) and Numbered Head Together (NHT) to students of grade V in SD Negeri Sendangadi 1. This research employed a quantitative approach through quasy experimental with non-equivalent control group design. This research also used 2 classes as experiments and 1 class as a control. Subjects of this research were the 5th grade. The data were collected using multiple choice tests. To examine the hypothesis, ANOVA and Contrast Test with 5% significant level were employed. Precondition test analysis in this research included normality and homogeneity test. The result of analysis shows that: (1) there was significant difference between group of students using cooperative learning model with TAI type, NHT, and conventional learning, and (2) there was significant between group of students using cooperative learning model with TAI and NHT.
Keywords: TAI learning model, NHT learning model, Learning Result
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.