METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN WONOSARI 4

Anggara Wisnu Putra,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan berbicara siswa menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SD N Wonosari 4. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan cara: guru melakukan apersepsi dan mnyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan kegiatan role playing, membagi siswa menjadi kelompokkelompok kecil, membimbing dan memotivasi siswa memahami materi, memfasilitasi siswa memainkan peran, dan
membimbing siswa berdiskusi mengevaluasi kegiatan role playing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari antusiasnya siswa dan semakin tertibnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan keterampilan berbicara nampak dari rata-rata perolehan nilai siswa dari pratindakan 58,26 meningkat menjadi 70,84 pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 78,66 pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan berbicara, metode role playing

Abstract

This research aim to improve speaking skills by using role playing method in the fifth grade students of SDN Wonosari 4. The type of this research use collaborative action research. The research design used Kemmis and McTaggart method. The technique of analyzing data used quantitative and qualitative descriptive. The results showed that role playing method can improve students speaking skills by: the teachers deliver the learning objectives , explain the role playing activities , divide the students into small groups, motivating the students to understand the material , give the students facilities to play a role , and guiding the students to discuss evaluate the role playing activities. The results showed that the learning process is increased. The improvement can be seen from the enthusiasm of the students and the students more orderly during the learning activities. Speaking skills improvement showed from the average acquisition value, before using the method increased about 58.26 to 70.84
in the first cycle and increased to 78.66 in the second cycle .

Keywords: speaking skills, role playing method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.