PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DAYUHARJO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Dayuharjo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Type Non Equivalent
Control Group Design. Kelompok eksperimen diberi perlakuan denganĀ menggunakan media kartu bergambar sedangkan kelompok kontrol menggunakan media buku paket. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan mean post-test yang menunjukkan bahwa nilai mean post-test kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Mean post-test kelompok eksperimen sebesar 7,98 berada pada kategori baik sedangkan mean post-test kelompok kontrol sebesar 6,25 berada pada kategori
cukup dengan selisih 1,73.
Kata kunci: media kartu bergambar, hasil belajar, IPS
Abstract
This study aims to know about the effect of using flashcard on social studies learning outcome of 5th graders in SD Negeri Dayuharjo. This research applied Quasi Experimental Type Non Equivalent Control Group Design. Flashcard was used for experimental group whereas textbook media was used for control group. Overall the population of this study was 5th graders. The data was collected by test and analysis of statistic descriptive. The result shows that used flashcard has impact on social studies outcome of 5th grade students. It was proven by mean calculation which showed that post-test scores in
experimental group were higher than the post-test scores in control group. The mean of post-test scores in experimental group was 7,98 (good category) and the mean of post-test scores in control group was 6,25 (good enough category) with difference 1,73.
Keywords: flashcard, learning outcome, social studies
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.