PENGGUNAAN MEDIA KONGKRET DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD KARANGGONDANG

Oryanci Jermias,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dalam pembelajaran geometri menggunakan media kongkret pada siswa kelas 3 SD Karanggondang. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Karanggondang, sedangkan obyeknya adalah hasil belajar Matematika. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan
pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konkret pada pembelajaran geometri dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas dari pra siklus 7,12%, siklus I 7,26%
dan siklus II meningkat menjadi 7,96% dan dari hasil wawancara guru, menunjukan bahwa penggunakan media konkret sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika.

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Kongkret, Kelas III SD
Oryanci Jermias, PSD/PGSD

Abstract

This study aimed to improve Mathematics learning outcomes in geometry learning through concrete media among Grade III students of SD Karanggondang. This was a classroom action research study. The research subjects were Grade III students of SD Karanggondang and the object was the
Mathematics learning outcomes. The instruments were tests and an interview guide. The data were analyzed by means of the quantitative and qualitative descriptive techniques. The results of the study showed that the use of concrete media was capable of improving Mathematics learning outcomes. This
was indicated by a mean score of 7.12% in the pre-cycle, 7.26% in Cycle I, and 7.96% in Cycle II, and the results of the interviews with the teacher showed that the use of concrete media was very beneficial in the implementation of Mathematics learning.

Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Concrete Media, Grade III of Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.