FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK SIKAP INGIN TAHU SISWA KELAS IV SDN PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA

Zidni Khasna Trimaulani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang membentuk sikap ingin tahu siswa kelas IV SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta. Fokus penelitian adalah faktor-faktor yang membentuk sikap ingin tahu siswa kelas IV. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas IV dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang membentuk sikap ingin tahu siswa terdiri atas faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri atas: karakteristik pribadi, perilaku eksplorasi, sikap dalam menanggapi rangsang, minat khusus terhadap materi tertentu, dan fokus terhadap hal-hal baru. Sementara faktor eksternal terdiri atas: adanya respon, harapan, dan pengaruh guru, pengaruh
lingkungan sekolah, sistem pendidikan, dan pengalaman sebelumnya dalam melakukan eksplorasi.

Kata kunci: sikap ingin tahu, eksplorasi

Abstract

This research is aimed to describe the factors which build the students’ curiousity grade IV in SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta. The focus are factors which build up the students’ curiousity. The type of research is descriptive
qualitative study which the subject are students grade IV and teachers. Data were collected by doing observation, interview, and documentary. This research applied descriptive qualitative method as the technique data analysis which includes data reduction, display, and conclusion. The validity is achieved by doing data triangulation. This study shows that the factors which build the students’ curiousity consist of internal and external factors. The internal factors are: personal characteristics, exploration, response to stimulation, special interest against the particular lesson, and focus or interest in new things. Meanwhile, the external factors include: the response, wishes, and influence from teachers, the educational system, school environment, and the previous experience in exploration.

Keywords: curiousity, exploration


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.