PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALPANGGUNG

Nugraheni Dinasari Haryono,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan multimedia interaktif yang layak digunakan dalam pembelajaran IPS Materi Koperasi bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta.Peneltian ini merupakan jenis research and development dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan media sebelum diujicobakan kepada siswa. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli media, angket uji kelayakan ahli materi, dan angket uji kelayakan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan:1)skor rata-rata ahli media adalah 4,38 (sangat baik) , 2)skor rata-rata ahli materi 4,08 (baik), 3) skor rata-rata hasil uji coba lapangan awal 3,79 (baik), 4) skor rata-rata hasil uji coba lapangan utama 4,28 (sangat baik), 5) skor rata-rata hasil uji coba lapangan operasional 4,12 (baik). Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji kelayakan tersebut multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPS.

Kata kunci: multimedia interaktif, pembelajaran IPS

Abstract

The research aims to produce the development of feasible interactive multimedia for social studies learning for student grade 4th in SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta.This research is a research and development studiesrefersto Borg and Gall model. The media was validated by media and material expert judement before tested to students. The trial subjects of this research were 33 students. The instruments used to collect the data are media expert judgement questionnaire, material judgement questionnaire, and user feasible questionnaire.The result shows that: 1)theaverage score of media expert judgement were 4,38 (very high), 2)the average score of material expert judement were 4,08 (high), 3)the preliminary field testing average score were 3,79 (high), 4)the main field testing average score were 4,28 (very high),
5)the operational field testing were 4,12 (high). It can be concluded that multimedia interactive which has been developed is feasible to be used in social studies learning.

Keywords: interactive multimedia, social studies learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.