IMPLEMENTASI NILAI -NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Yoga Dwi Anggara,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara implementasi nilai-nilai kedisiplinan yang dilakukan guru kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Bantul mengimplementasikan nilai kedisiplinan pada siswa dengan menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pada penerapannya guru menggunakan peraturan, hukuman, konsistensi dan penghargaan sebagai pedoman.

Kata Kunci: Implementasi nilai, nilai kedisiplinan, implementasi nilai kedisiplinan.

Abstract

The aims of the research were meant to describe the implementation of dicipline values which done by the teachers of grade fourth SD Unggulan Aisyiyah Bantul. This research used descriptive qualitative methode. The subject of this research is teachers and students of grade fourth SD Unggulan Aisyiyah
Bantul. The data collecting technique use observation, interview, and documentation. The result of this research show that teachers of grade fourth SD Unggulan Aisyiyah Bantul implementate discipline values to the students use value integration technique : daily activity, spontant activity, exemplary, and
conditioning. Teachers use rules, punishment, consistency, and reward.

Keywords: Implementation values, Dicipine values, Implementation dicipline values.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.