PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN CLAPAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penggunaan media gambar siswa kelas II SD N Clapar Kecamatan Kokap. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Clapar yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Pada pembelajaran berbicara, guru membagi kelas menjadi kelompok kecil. Selanjutnya guru membagikan satu buah gambar pada masing-masing kelompok. Siswa mengamati gambar dan kemudian menuliskan deskripsi dari hasil pengamatan gambar tersebut. Setelah semua siswa selesai menulis, secara bergantian siswa maju untuk bercerita mengenai hasil pengamatan gambar yang diberikan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses dilihat dari rata-rata hasil observasi aktivitas siswa yang temasuk dalam kategori baik pada siklus I dengan persentasi 63,33% meningkat pada siklus II menjadi 78,7% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dilihat dari segi hasil, dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa pada pratindakan 67,33 meningkat menjadi 71,11 pada siklus I dan meningkat menjadi 76,11 pada siklus II.
Kata kunci: keterampilan berbicara, media gambar
Abstract
This study aims to improve the speaking skill using image media in second grader students of Clapar Elementary School. This type of research used Collaborative Class Action Research (CAR). The subjects were the second grader students of Clapar Elementary School which amounts to 15 students. The research design used Kemmis and Mc. Taggart which included the stages: planning, acting, observing, and reflecting. This study was conducted in two cycles. Data collection techniques used observations, tests and documentation. Data analysis techniques used descriptive data analysis quantitative and descriptive qualitative. In speaking lessons, the teacher divided the class into small groups. Then, the teacher gave one picture to each group. Students observed the image and then wrote a description of the image’s observation. After finishing the writing, the students alternately moved forward to tell the result of story’s observation. The results of this study showed that the using of image media could improve the speaking skills in learning process and outcomes. Viewed in terms of the learning process, the improvement could be seen by the average of observation results of student activities included in good category in cycle I with the percentage 63,33% , increased in cycle II to 78,7% and included very good category. Viewed in terms of learning outcomes, evidenced by the average value of students' speaking skills on pre-action 67.33 increased to 71.11 in cycle I and increased to 76.11 on cycle II.
Keywords: speaking skills, picture media
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.