PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP PADA SISWA KELAS II SD N WIDORO KECAMATAN PENGASIH

Dwi Riyanti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penggunaan media pop up siswa kelas II SD N Widoro Kecamatan Pengasih. Keterampilan berbicara yang diamati pada penelitian ini meliputi aspek kebahasaan dan nonkebahasaan. Pada aspek kebahasaan terdiri dari pelafalan, intonasi dan pemilihan kalimat, sedangkan pada aspek nonkebahasaan terdiri dari kelancaran, kenyaringan suara dan penguasaan topik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Widoro yang berjumlah 20 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, lembar observasi guru dan siswa serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop up dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SD N Widoro kecamatan Pengasih dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses dilihat dari rata-rata hasil observasi aktivitas siswa yang temasuk dalam kategori baik pada siklus I dengan persentasi 61,67% meningkat pada siklus II menjadi 76,25% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dilihat dari segi hasil, dibuktikan
dengan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa pada pratindakan 64,17 meningkat menjadi 67.83 pada siklus I dan meningkat menjadi 75.83 pada siklus II. Presentase KKM juga mengalami peningkatan dari 60% pada pratindakan meningkat menjadi 70% pada siklus I dan 90% pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan berbicara, media pop up

Abstract

This research aimed to improve speaking skills through pop-up media in 2nd grade of Widoro Elementary School. Speaking skills were observed in the study include aspects of linguistic and non-linguistic. In the linguistic aspect consists of pronunciation, intonation and sentence elections, while the nonlingustic
aspect consists of fluency, loudness and mastery of the topic. This type of research is classroom action research. The subject used in this research were students of 2nd grade class Widoro Elementary School . The study design
used was a model Kemmis and Mc. Taggart covering planning, action, observation, and reflection. Data collection instruments used were a test of performance, teacher’s observation sheet, student’s observation sheet
and documentation. The analysis technique used is quantitative data analysis. Research shows that the use of pop-up media can enhance students' speaking skills in2nd grade of Widoro Elementary School in terms of process and outcome. Improved process seen from the average results of observations including the activity of students in both categories in the first cycle with a percentage of 61.67% increased in the second cycle into 76.25% and included in the excellent category. In terms of results, evidenced by value Average students' speaking skills on preaction 64.17 increased to 67.83 in the first cycle and increased to 75.83 in the second cycle. The minimun exhaustiveness criteria percentage also increased from 60% in preaction increased to 70%
in the first cycle and 90% in the second cycle.

Keywords: speaking skills, media pop up


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.