PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 PEDES SEDAYU
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media komik pada siswa kelas VA SD Negeri 1 Pedes Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah PTK. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VA SD Negeri 1 Pedes dari segi proses dan hasil. Peningkatan proses dibuktikan dengan hasil observasi rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran pada siklus I termasuk kategori cukup yaitu rata-rata 50%, dan pada siklus II termasuk kategori baik yaitu rata rata 64,28%. Serta hasil menulis narasi kondisi awal termasuk dalam kategori cukup yaitu mencapai rata rata 61, setelah diberi tindakan pada siklus I hasil menulis narasi meningkat dengan rata-rata 70,13 termasuk kategori baik. Perbaikan oleh guru dilakukan di siklus II berdasarkan hasil refleksi di siklus I
sehingga hasil menulis narasi mencapai rata-rata 79,27 termasuk kategori baik.
Kata kunci: keterampilan menulis narasi, media komik
ABSTRACT
This research is aimed to improve naration writing skill with comic media towards fiveth A grade students of SD Negeri 1 Pedes Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul academic year 2014/2015. The type of research that is being implemented is Classroom Action Research. Analysis technique that is being implemented are quantitative data analysisi and qualitative data analysis. Research shows that comic can improve naration writing skill with comic media towards fiveth A grade students of SD Negeri 1 Pedes both of process and result. Process improvement is showed with the result of observation of average activity in first cucle is classified intermediate category with average score 50 %, and second cycle is classified high with average score 64,28%. The first result of naration writing classified intermediate category with average score 61, after being given an action at the first cycle the studen’s result of naration writing improved with average score 70,13 with high category. Refinement by teacher is done at the second cycle based on the reflection of the first cycle, so the result of naration writing reach average score of 79,27
with high category.
Keywords: naration writing skill, comic media
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.