PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC)

Sony Febriawan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini disusun dengan tujuan meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD Sekarsuli Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian siswa kelas V SD Sekarsuli yang terdiri dari 22 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan membaca pemahaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk hasil tes dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman menggunakan CIRC dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan membaca pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman.

Kata kunci: membaca pemahaman, CIRC, SD Sekarsuli.


Abstract

This research is aim at improving the reading comprehension learning process and reading comprehension skill using Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) instructional model in SD Sekarsuli Bantul. This research was the classroom action research. Kemmis & McTaggart’s research model was implemented by the researcher. The research subjects were 22 fifth grade students in SD Sekarsuli Bantul. The research object were the students' reading comprehension skill. The test and observation results were then respectively analysed by using descriptive quantitative and qualitative descriptive technique. The research results show that Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) instructional model had increased the reading comprehension learning process and students’ reading comprehension skill. These findings is indicated by the improvement of students’ activity and reading comprehension skill.

Keywords: reading comprehension, CIRC, SD Sekarsuli.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.