INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SD NEGERI 1 NGULAKAN KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial anak tunagrahita di SD N 1 Ngulakan, Kulon progo, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunagrahita berinteraksi sosial dengan anak normal, sesama anak tunagrahita, anak berkebutuhan khusus lain, dan guru. Interaksi sosial dilakukan selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran. Kemampuan anak tunagrahita dalam berinteraksi sosial didukung adanya penerimaan sosial dan upaya guru dalam menyampaikan isi pesan dengan bahasa yang lebih konkrit. Meskipun dapat berinteraksi, namun anak tunagrahita tersebut mengalami hambatan ketika berinteraksi sosial. Hambatan tersebut berupa; a) keterbatasan dalam menangkap isi pesan; b) kontrol emosi yang kurang; c) tindakan mengimitasi perilaku tanpa kritik; dan d) tidak tertarik untuk berinteraksi dengan teman lawan jenis.
Kata kunci: interaksi sosial, hambatan interaksi sosial, tunagrahita
Abstract
This research is aim at describing the social interaction of mentally retarded student of SD Negeri 1 Ngulakan Kulon Progo. This research was qualitative descriptive. The technique of data used observation, interview, and documentation. The data was analyzed trought data reduction, data display, and conclusion drawin. The result shows that mentally retarded child able to interact with normal students, other mentally retarded student, another difable, and teachers. Social interaction are held during the class and also outside class. Mentally retarded child’s ability on doing social interaction supported by social acceptance and teacher’s work on delivering the idea of massage in more concrete way. The mentally retarded child is experiencing barrier when doing social interaction at school. The barriers are; a) inability on understanding the idea of message; b) less emotional control; c) imitating behavior without critic; d) unwilling to interact with opposite gender.
Keywords: social interaction, social interaction barrier, mentally retarded
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.