HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II KECAMATAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD se-Gugus II Kecamatan Bantul tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Sampel pada penelitian ini berjumlah 172 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik proportionate cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala self efficacy dan dokumentasi nilai rapor. Penentuan hubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan prestasi belajar. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation 0,723 dan nilai P 0,00<0,05 pada taraf sinifikansi 5%.
Kata Kunci : self efficacy, prestasi belajar
Abstract
The aims of the research were meant to know the correlation between self efficacy with learning achievement of grade IV students of group II elementary school in Bantul sub-district at 2014/2015 school year. This research used quantitative approach with ex post facto type. There are 172 students of
this research’s sample. Sample’s determination used proportionate cluster random sampling technique. The data collecting technique used self efficacy scale and documentation of study result. The determination of correlation between self efficacy and learning achievement used product moment
correlation. The research result show that there is positive and significant correlation between self efficacy and learning achievement. It was shown from Pearson Correlation result 0,723 and P result 0,00<0,05 at 5% significancy level.
Keywords : self efficacy, learning achievement
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.