PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS AWAL SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran di kelas awal SDN Percobaan 2 Yogyakarta dan mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas 1-3 dan kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Guru sudah mampu mengatasi hambatan-hambatan yang dialami selama proses pembelajaran berlangsung.
Kata kunci : pemanfaatan, media pembelajaran, kelas awal
Abstract
This research aim at describing the utilization of learning media on early grade of SDN Percobaan 2 and knowing the constraints by teachers in utilizing the learning media. This research used a qualitative approach. The required data in the research was obtained from the teachers class 1-3 and the principal. Data collection using the techniques of observation, interviews, and documentation by using the instrument of observation sheets and guidelines for the interview. Data analysis techniques that includes data collection, data reduction, the presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. The validity of the data used techniques and sources triangulation. The results show that teachers are already using of the media in the process of learning. Teachers are able to overcome the obstacles experienced during the learning process.
Keyword : utilization, learning media, early grade
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.