ANALISIS EVALUATIF BUKU AJAR TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS IV SEKOLAH DASAR

Galih Brawijaya,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian materi, kesesuaian bahasa, kesesuaian penyajian, dan kesesuaian kegrafikan buku ajar tematik terpadu kelas IV sekolah dasar berdasarkan kesesuaian terhadap Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian analisis evaluatif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan prosedur statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian materi berada pada skala baik dengan persentase kesesuaian 73%, kekurangan berada pada kurang konkretnya ilustrasi dan penyajian keterkinian fitur, bagian kesesuaian bahasa berada pada skala sangat baik dengan persentase kesesuaian 84,5%, hasil ini didukung kebakuan penyusunan kata sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar, bagian kesesuaian penyajian berada pada skala sangat baik dengan persentase 82,2%, kekurangan berada pada variasi penyajian, tidak disajikannya bagian glosarium, bagian rangkuman, dan peta konsep, kesesuaian kegrafikan berada pada skala sangat baik dengan persentase kesesuaian 86,7%, kekurangan berada pada pemanfaatan halaman dan kekonkretan ilustrasi.

Kata kunci: kesesuaian materi, kesesuaian bahasa, kesesuaian penyajian, kesesuaian kegrafikan 

 

Abstract

The research aims to describe material suitability, language suitability, presentation suitability, graphis suitability inside integrated thematic book elementary school grade 4th student based on suitability off Curriculum 2013. The research used analysis evaluative with qualitative approach. The data analysis technique used descriptive analysis technique and simple statistics procedures. The results show that suitability of material is on good scale with the percentage suitability of 73%, the deficiency in the concreteness illustrations and presentation the feature update, language suitability is on a very good scale with the percentage of 84.5%, presentation suitability is on very good scale with the percentage of 82.2%, the deficiency are in variation of presentation, glossaries section , summary section and concept maps is not presented, graphis suitability is on very good scale with the percentage suitability of 86.7%, the deficiency is on the merits of the page and the concreteness of the illustration.

Keyword: material suitability, language suitability, presentation suitability, graphis suitability


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.