IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 PURBALINGGA KIDUL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perilaku membolos dan alternatif pemecahannya pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Purbalingga Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa kelas IV yang melakukan perilaku
membolos. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi perilaku membolos yang dilakukan oleh DR adalah lambat dalam belajar (slow learner) yang
menyebabkan kurang dorongan untuk berprestasi dan kurang kemampuan dalam penyesuaian diri. Faktor eksternalnya yaitu teman yang sering nakal, guru yang kurang mampu memahami perbedaan individu dan penyampaian pembelajaran yang kurang tepat sehingga mata pelajaran itu dianggap sulit. Alternatif pemecahannya yaitu merekomendasikan kepada orang tua DR untuk memindahkannya ke sekolah inklusi. Metode dalam pelaksanaan pengajaran remedial. Memberikan dorongan dengan perlahan-lahan, karena kegagalan dalam usahanya dan sifat malu dapat mendorong dia lebih mundur. Guru mendalami perbedaan siswa secara individu, merencanakan pengajaran klasikal dan individual. Guru dalam menuntut penguasaan materi harus sesuai dengan
kemampuan siswa. Memberikan tugas yang lebih sederhana atau lebih sedikit kepada DR dibanding temantemannya.
Kata kunci: perilaku membolos, faktor penyebab, alternatif pemecahan masalah.
ABSTRACT
This research to identify the factors cause the behavior of truant and alternative solution at grade IV in SD Negeri 1 Purbalingga Kidul. This research method is a descriptive qualitative. Subject in this study was grade IV who did
the behavior of truant. Data collection methods used are interviews, observation and study documentation. Test the validity of the data using triangulasion techniques and resources. Data were analyzed using the step by step reduction of data, display data and conclusions. The results showed that internal factors that affect the behavior of the truant performed by DR is a slow learner that causes less encouragement to excel and lacking skills in adaptability. While external factors are friends frequently naughty, teachers are less able to understand individual differences and in appropriate learning delivery so that it’s considered difficult subjects. An alternative solution that is recommended to parents DR to move it to school, due to a failure in its businessand the nature of shame can push him further down. Teachers deepen differences students individually planes teaching of classical and individually. Teachers in demand a mastery of the material should be in accordance with the capabilities of each student. Give the task simpler of fewer to DR than his friends.
Keywords: truant behavior, causes, alternative solutions
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.