PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD N 1 KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan memberi penguatan guru dalam pembelajaran di kelas IV SD Negeri 1 Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Aspek yang diamati dalam keterampilan memberi penguatan meliputi komponen penguatan dan cara menggunakan penguatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan perwakilan siswa kelas IV. Objek penelitian ini berupa keterampilan memberi penguatan. Setting penelitian mengambil tempat di kelas IV SD Negeri 1 Karangsari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan komponen keterampilan memberi penguatan dalam pembelajaran yang mencangkup penguatan verbal dan penguatan non verbal. Penguatan verbal diterapkan dengan memberikan pujian dengan kata-kata dan kalimat penghargaan. Penerapan penguatan non verbal dilakukan gerakan mimik dan gerakan badan, penguatan dengan sentuhan, penguatan melalui kegiatan yang menyenangkan, penguatan berupa simbol atau benda, dan penguatan tak penuh. Selain itu, guru juga menerapkan cara penggunaan penguatan dalam
pembelajaran yang mencangkup penguatan kepada pribadi tertentu, penguatan kepada kelompok, pemberian penguatan dengan segera, dan variasi dalam penggunaan penguatan. Dalam menerapkan keterampilan memberi penguatan guru memperhatikan pula prinsip-prinsip pemberian penguatan.
Kata kunci : penerapan, keterampilan memberi penguatan
Abstract
This research is aimed to describe implementation of giving reinforcement skill by teacher in the learning in the 4th grade of Karangsari Elementary School Pengasih District of Kulon Progo Region year 2014/ 2015. The ascpect that observed in this research are the component of reinforcement and methods to use reinforcement. This is a qualitative research type of descriptive research. The subject of this research is the teacher in the 4th grade. The informant of this research is the teacher in the 4th grade and some students in the 4th grade. The setting of this reseacrh is in 4th grade of Karangsari Elementary School. Collecting data in this research using partisipant observation, interviews and documentation. Data were analyzed using data reduction, data display, and
conclusion. Validity test of the data using member check and techniques triangulation. The results showed that the teacher has implemented the component of giving reinforcement including verbal and non verbalĀ reinforcement. Verbal reinforcement is given with praise. Non verbal reinforcement is given by expression and gestur, touched reinforcement, give reinforcement with enjoying activities, reinforcement with symbols or object, and parial reinforcement Beside that, the teacher implemented the methods how to implement einforcement in the learning, including reinforcement to every student an group of students, giving quick reinforcement, and variety of
reinforcement. Reinforcement skills of the teacher observe the principles giving reinforcement.
Keywords: implementation, reinforcement skills
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.