KEEFEKTIFAN MANAJEMEN SEKOLAH DI SD N PANGGANG SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah keefektifan manajemen sekolah di SD Negeri Panggang, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul tahun ajaran 2014/2015. Aspek yang diteliti meliputi manajemen sekolah dalam pengelolaan kegiatan di sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan komite SD Negeri Panggang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen sekolah dalam perencanaan program sudah terlaksana adalah membuat visi, misi, tujuan, serta rencana sekolah, namun keterlibatan orang tua dalam perumusan rencana sekolah masih rendah; 2) manajemen sekolah dalam pelaksanaan rencana kerja sudah terlaksana adalah dalam bidang kesiswaan, bidang kurikulum, dan bidang pendidik dan tenaga kependidikan, namun masih ada pelaksanaan program yang tidak sesuai rencana; 3) manajemen sekolah dalam kepemimpinan
sudah terlaksana adalah merumuskan tujuan, menganalisis potensi sekolah, memberikan motivasi dan penghargaan kepada pendidik, dan berusaha menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, namun pengawasan kepala sekolah masih rendah; 4) manajemen sekolah dalam pengawasan dan evaluasi sudah terlaksana adalah evaluasi diri (sekolah), evaluasi/pengembangan kurikulum, dan evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, namun program pengawasan masih rendah.
Kata kunci: manajemen sekolah, SD
Abstract
This research to describe how the effectiveness of school management in Panggang elementary schools, Sedayu subdistrict, Bantul regency school year 2014/2015. Aspects studied include the school management in the management of school activities. This type of research is qualitative descriptive. The
subjects were school principals, theachers, and commitee of Panggang Elementary School. The technique of collecting data through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used are data
reduction, data presentation, and conclusion. Test the validity of test data through triangulation credibility with sources and techniques. The results showed that: 1) school management in program planning has been done is
to make vision, mission, objectives, and plans the school, but the parents' role in the formulation of a plan of the school is still low; 2) school management of the implementation of the work plan has been accomplished is in the field of student affairs, curriculum fields, and field educators and education personnel, but there is still no appropriate program implementation plan; 3) school management in leadership has done is to formulate objectives, analyze the potential of school, provide motivation and appreciation to educators, and strive to create a conducive school environment, but supervision of the school principal is still low; 4) school management in monitoring and evaluation has been done is a self-evaluation (school), evaluation / curriculum development, and evaluation of utilization of educators and education personnel, but still low surveillance program.
Keywords: school of management, elementary school
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.