PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK DENGAN MUATAN NILAINILAI PANCASILA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Yunita Puspitaningrum,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik dengan muatan nilai-nilai Pancasila yang layak. Metode yang digunakan berjenis Research and Development (R&D) dengan tahap Define, Design, dan Develop. Tahap define dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Tahap design, peneliti menentukan tujuan pembelajaran, materi, layout, dan menuliskan materi sehingga diperoleh desain produk. Teknik yang dilakukan pada tahap develop meliputi expert appraisal dan developmental testing. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian bahan ajar tematik yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat baik sehingga layak digunakan. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki karakteristik, yaitu sesuai dengan fakta sejarah, keakuratan, dan kebaruan pengetahuan yang relevan; disusun secara sistematis; memfasilitasi keberagaman karakteristik setiap siswa; dilengkapi dengan permainan, ilustrasi, dan gambar menarik; mengungkap nilai-nilai Pancasila yang sudah ada sejak masa perkembangan Islam di Indonesia; dan memuat nilai-nilai Pancasila yang ditunjukkan secara eksplisit dan kontekstual.

Kata kunci: pengembangan bahan ajar tematik

Abstract

This research aimed to produce thematic teaching materials with content values of Pancasila. The method used Research and Development (R & D) with phase Define, Design, and Develop. Define phase was done with interviews, and literature. Design phase, researchers determined the learning objectives, content, layout, and wrote down the material so obtained product design. Techniques on stages develop included expert appraisal and developmental testing. The technique of collecting data used questionnaires. The subjects were students of class V. Data were analyzed using descriptive statistics. Results of this research thematic teaching material were accordance with historical facts, accuracy, and the novelty of relevant knowledge; compiled systematically; facilitated the diversity of each student; equipped with games, illustrations, and attractive image; revealed the values of Pancasila which has existed since the time of the development of Islam in Indonesia; and contained the values of Pancasila explicitly indicated and contextual.

Keywords: thematic teaching material development


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.