PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING SISWA KELAS V SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi melalui strategi menulis terbimbing menggunakan pendekatan proses siswa kelas V SD Negeri Golo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Model penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Golo Yogyakarta yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 70,13 pada siklus I dan 76,04 pada siklus II. Hasil yang diperoleh dari kedua siklus tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi dapat ditingkatkan.
Kata kunci: kemampuan menulis paragraf, paragraf narasi, strategi menulis terbimbing, pendekatan proses menulis.
Abstract
This research aimed at improving fifth grade students’ ability on writing narrative paragraph through guided writing strategy by using process approach at Golo Public Elementary School, Yogyakarta. This research was classroom action research done collaboratively. The research model used cycle model adopted from Kemmis & McTaggart. The research subjects were 23 fifth grade students consisted of 12 male and 11 male students. The data were collected by using observations, interviews, documentations, and tests. The data were then analysed by using quantitative and qualitative descriptive. The results showed an increase in average grade values of 70.13 in cycles I and 76.04 in cycle II. The results obtained from both cycle indicated that students’ ability on writing narrative paragraph had been improved.
Keywords: ability on developing paragraph, narrative paragraph, guided writing strategy, writing process approach.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.