PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SD NEGERI SINDUADI 1

Daraini Musfiroh,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 1 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian adalah Quasi Experimental dengan rancangan Nonrandomized Control Grup Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu keterampilan bercerita dan variabel bebas yaitu media komik.Subjek penelitian adalah siswa kelas V A dan V B yang berjumlah 55 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data ada dua tahap yaitu distribusi data hasil keterampilan bercerita siswa dan uji hipotesis meliputi uji t dengan melihat perbedaan keterampilan bercerita kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikan 5%.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan media komik terhadap keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 1 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. Analisis data tahap pertama nilai mean pretest dan posttest kelompok eksperimen meningkat sebesar 12,97 dan kelompok kontrol 7,26. Tahap kedua diperoleh data posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol yaitu sig 0,003 dan thitung 3,074.

Kata kunci: Media komik, Keterampilan bercerita

 

Abstract

This research aims at knowing the effect of using comic media towards 5th grade student’s story telling skill at SDN Sinduadi Sleman.The research was Nonrandomized Control Grup Pretest-Posttest Design of Quasi Experimental. This research consisted of story telling skill as dependent variable and comic media as independent variable. The subject of this research was 5th grade student of class A and B which consisted of 55 students. The techniques that were the data distribution of student’s story telling skill result and hypothesis test. The hypothesis test included T experiment through observed the story telling skill difference of experiment and control group. The signification rate of the T experiment was 5%. The research shows that there are the positive and significant affects to the 5th grade student’s story telling skill by using comic media on learning process. The first analysis data of mean pretest and posttest score from experiment and control group increase to 12,97 and 7,26. The second data shows that posttest result from experiment and control group are sig 0,003 dan thitung 3,074.

Keywords : comic media, story telling skill


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.