PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hardhika Wisnu Aji,

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam  penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 106 siswa dan diambil sampel sebanyak 84 siswa dengan menggunakan rumus slovin dan pengambilan sampel menggunaan simple random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi nilai ulangan dan skala psikologi.uji validitas instrument menggunakan tehnik expert judgement,  untuk daya beda item menggunakan korelasi product moment pearson. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multiolinieritas. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji uji regresi sederhana, uji regresi ganda, koefisien determinasi, dan Uji F. Hasil penelitian : 1) Disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 4,2 % dengan signifikansi 0,034 ;2) rasa ingin tahu berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 2,5% dengan signifikansi 0,080 ;3) disiplin belajar dan rasa ingin tahu secara bersamaan berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 3,5% dengan signifikansi 0,088. 

Kata Kunci: Disiplin belajar, rasa ingin tahu, prestasi belajar 

Abstract 

This research aims at determining the influence of learning discipline and curiosity to science learning achievement. This research used quantitative approach with ex-post facto method. The population in this research was fifth grade elementary school students in cluster V Pengasih district, Kulon Progo regency which totaled 106 students, the sample was taken totaled 84 students determined by the slovin formula and sample taking used simple random sampling.Data collection technique used test-score documentationand psychological scale. The validity test of the instrument used expert judgement techniques, for the different strength of item usedProduct moment Pearsoncorrelation. Reliability used Alpha Cronbach. The prequisite analysis test used normality, linearity, and multicolinearity test. Data analysis techniques used simple regression test, multiple regression, coefficient determination, and F test. The result of research show that: 1) learning discipline has an influence to the learning achievement in the amount of 4.2% with signification 0,034; 2) curiosity has an influence to the learning achievement in the amount of 2.5% with signification 0,080; 3) learning discipline and curiosity together have a significant effect on learning achievement in the amount of 3,5% with signification 0,088. 

Keywords:learning discipline, curiosity, learning achievement 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.