PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berpikir kritis siswa di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ditentukan secara purposive meliputi 2 guru, 1 siswa kelas III, 2 siswa kelas IV, dan kepala sekolah SD Negeri Percobaan 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data sesuai Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berikir kritis di SDN Percobaan 2 menggunakan RPP yang di dalamnya terdapat indikator keterampilan bepikir kritis. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran secara lisan melalui kegiatan awal pembelajaran. Materi pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis disampaikan dengan mengaitkan satu materi dengan disiplin ilmu lain. Metode pembelajaran yang digunakan yang lebih dominan dalam pembelajaran yaitu ceramah, diskusi, penugasan dan tanya jawab. Variasi media pembelajaran dipilih guru guna memudahkan siswa memahami konsep abstrak. Lingkungan kelas siswa diatur agar guru dan siswa dapat berinteraksi dengan leluasa. Interaksi siswa dalam pembelajaran sudah mencerminkan sikap kritis. Sikap yang ditunjukkan seperti sikap toleransi, bekerja sama, dan kemampuan mengungkapan pendapatnya. Pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran keterampila berpikir kritis terdiri dari aspek penilaian kognitif dan aspek penilaian afektif.
Kata kunci: penelitian kualitatif, pembelajaran keterampilan berpikir kritis, SDN Percobaan 2
Abstract
This research aims at describing student’s critical thinking skill lesson at SDN Percobaan 2 Yogyakarta. This research was qualitative descriptive research. The data resources of this research consist of 2 classroom teachers, a student of 3rd grade, 2 students of 5th grade, and the headmaster of SDN Percobaan 2. Data collection techniques used observation, interview, and documentation. Data analysis techniques used Miles and Huberman model that were data collection, data reduction, data display, and conlusion/verification. The validity of the data used resource and technique triangulation. The result of this research shows that teacher plan their critical thinking skill lesson at SDN Percobaan 2. There are critical thinking indicators on the lesson plans. Teacher inform the purpose of learning through early lesson activities. Lesson’s material use the concept of interdisiplinary knowledge. Learning method which often use are speech, question and answer, assigment, and discussion. Teacher decide the variation of learning media to help student’s better understanding on learning abstract concept . The purpose of classroom environment setting is for better interactions between teacher and student. Student interaction on the learning process show student’s critical thinking attitude. The showed attitudes are like tolerance, team work, and the ability to voice their opinons. The critical thinking skill evaluation consist of kognitive and affective score aspect.
Keyword: qualitative research, critical thinking skill lesson, SDN Percobaan 2
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.